Serunya Pertarungan Harga Notebook di acara SCOMDEX 2008, JATIM EXPO Surabaya (1)

Waah.. acara sComDeX 2008 cuKup seru… tidak hanya pamerannya saja, tetapi juga ada seminar, workshop, lomba overclocking juga ada….

Karena saya tidak mengikuti seminar, workshop, ataupun lombanya, maka saya hanya akan membahas tentang suasana pamerannya saja.


Begitu saya masuk arena pameran, berbekal tiket masuk seharga 2000 rupiah, wahh.. banyak sekali pengunjungnya…. Terlihat sebagian orang memadati stan-stan… terlihat pula sebagian lainnya tampak repot menggotong dus-dus besar… kelihatannya habis memborong nih (hehehe…) – mereka terlihat antusias sekali membeli produk-produk yang didisplay disana- tandanya, memang pameran komputer ini menjadi suatu ajang bagi masyarakat untuk membeli peripheral komputer dengan harga yang lebih murah.

Sempat saya beberapa kali bertanya pada beberapa stan disana. Mereka bilang, memang khusus untuk pengunjung yang membeli produk mereka di arena pameran, mereka akan memberikan harga khusus.


Jika dilihat-lihat, mereka bisa memberikan potongan langsung atu cashback sampai Rp.600.000 (stan DELL dan RAZIO). Atau, mungkin mereka tidak memberikan diskon langsung, tetapi mereka memberikan bonus produk lain. Rata-rata stan notebook, memberikan bonus sebuah printer Canon iP1300 seharga 380ribu untuk pembelian satu unit notebook. Tapi, ada juga yang memberikan bonus FREE UPGRADE RAM/ HDD.

Yang paling kentara, mereka memberikan special rate khusus selama pameran. Ya, untuk pembeli yang membeli produk mereka di arena pameran, mereka memasang nilai tukar dollar khusus yang lebih rendah dari aslinya. Ada yang mematok Rp.11.200/ US$ Dolar, bahkan ada juga yang mematok Rp.11.500/US$ Dolar.

Saya mendapat banyak sekali brosur harga dari acara SCOMDEX 2008 ini. Iseng-iseng, saya pun sempat membuat perincian harga notebook/ netbook di pameran komputer tersebut. Berikut ini rincian harga notebook/netbook berdasarkan brand-nya:

ü ZYREX = mulai Rp. 2,99 juta

ü FORSA = mulai Rp. 3,49 juta

ü ION = mulai Rp. 4,39 juta

ü ADVAN = mulai Rp. 4,75 juta

ü MSI = mulai Rp. 4,9 juta

ü RAZIO = mulai Rp. 4,99 juta

ü DELL = mulai Rp. 5,1 juta

ü AXIOO = mulai Rp. 5,18 juta

ü BYON = mulai Rp. 5,49 juta

ü A-NOTE = mulai Rp. 5,59 juta

ü HP COMPAQ= mulai Rp. 5,8 juta

ü KOHJINSHA = mulai Rp. 5,89 juta

ü ACER = mulai Rp. 5,999 juta

ü IBM LENOVO = mulai Rp. 6,1 juta

ü FUJITSU = mulai Rp. 6,65 juta

ü HP = mulai Rp. 6,73 juta

ü TOSHIBA = mulai Rp. 6,99 juta

ü NEC = mulai Rp. 8 juta

ü SONY VAIO = mulai Rp. 8,88 juta

Jadi, notebook yang paling murah yaa zyrex anoa!!!

Hidup notebook lokal!!! Hehehe…

Trus, disini juga muncul beberapa notebook/netbook baru; sebut saja: zyrex bee (pesaing pico), ion iLight(pesaing bee), dell vostro, compaq CQ series, asus N series, dst.

Tapi, ada yang sebenarnya produk notebook/ Netbook baru, tapi koq belum muncul di Indonesia yah? Di luar negeri saja sudah ramai dibicarakan, seperti dua netbook ini: TOSHIBA NB100(netbook pertama toshiba) dan HP mini 1000.

Wah, jadi nantinya setiap brand akan punya netbook sendiri dong!

MSI dengan wind-nya, ACER dengan aspire one-nya, ASUS dengan eepc-nya, AXIOO dengan pico-nya, ZYREX dengan bee-nya, HP dengan mininote-nya, TOSHIBA dengan NB100-nya, DELL dengan inspironnya, mudah-mudahan yang lainnya segera menyusul dengan harga yang lebih murah tapi fitur lebih komplit (amiin).

Sebenarnya, saya sangat tertarik untuk membeli netbook. Tapi, karen ketiadaan optical drive pada setiap netbook, –padahal penggunaan optical drive bagi saya sangatlah tinggi, optical drive sngat penting bagi saya – saya jadi mengurungkan niat untuk membeli netbook (sangatlah tidak relevan dengan hobi saya yang suka menonton DVD, suka mendownload program kemudian memburn-nya).

Tapi, jika anda termasuk yang jarang menggunakan optical drive, tidak ada salahnya membeli netbook. Bobotnya yang ringan, dan harganya yang murah, menjadi alasan sebagian besar orang membeli netbook. Apalagi sekarang sudah menjamur hotspot-hotspot, tempat-tempat ber-WiFi seperti di mall-caFe-kaMpus, tidak ada salahnya anda memilih netbook.

Bagaimana jika netbook anda, karena virus atau penyebab lain harus diinstall ulang?

Sekarang ini, sudah ada windows xp versi USB lho! Saya pernah membaca-nya di-internet, anda pun bisa mendownloadnya secara Cuma-Cuma lewat situs tertentu. Tapi, ada juga tutorial yang memandu anda untuk menjadikan CD instalan windows xp versi booting CD menjadi booting USB, ada banyak sekali tutorialnya di internet. Jika anda memang membutuhkannya, nanti akan saya bantu mencarikannya.

Masih tentang netbook tadi; saya masih memiliki sedikit paparan untuk anda yang masih bingung memilih netbook yang pas untuk anda.

Berdasarkan review di internet, netbook terbaik saat ini adalah MSI wind u100 yang memenangkan banyak penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri. Tapi, kalau ingin netbook yang elegan, tengok saja HP mini 1000, desain luar-dalamnya sangat ciamik sekali. Tampilan warna hitam yang mewah, disertai hiasan mirip ornamen yang sangat apik di case luar, mengesankan sebuah netbook yang mahal… hehehe… (memang cukup mahal di kalangan harga netbook) mungkin sekitar 6-7 jutaan.

Atau mungkin, anda sngat menginginkan SONY VAIO tapi apa daya isi kantong tidak mencukupi? Jajal saja RAZIO! Pabrikan notebook asal Taiwan ini memproduksi notebook& netbook yang tampilannya sangat mirip dengan SONY VAIO dari segi desain luar maupun desain dalam.

Penasaran dengan realisasi cerita saya? Boleh kunjungi SCOMDEX 2008….

Ada tambahan lagi… Wah, ternyata ada lhoo orang kurang kerjaan yang bela-belain nge-scan brosur2 di scomdex 2008, ini dia…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s